Langsung ke konten utama

Entri yang Diunggulkan

Apa itu AI?

 Halo, semua. Sekarang nih, lagi tren-tren tentang "AI" satu ini, AI ini sebenernya teknologi buatan manusia yang sifatnya kek manusia tapi dalam bentuk teknonologi.

Ia kayak bisa menggambar ulang foto, ia juga bisa diajak ngobrol, dan lain-lain. Langsung saja ke pembahasan.

Pengertian AI

AI (Artificial Intelligence) adalah sebuah sistem komputer dengan program khusus untuk bisa menjalankan tugas layaknya manusia.

Ini adalah upaya untuk mereplikasi atau mensimulasikan kecerdasan manusia dalam mesin. Tujuan AI adalah untuk menyediakan perangkat lunak yang dapat menalar input dan menjelaskan output.

Cara Kerja

AI sendiri merupakan teknologi yang memerlukan data untuk dijadikan pengetahuan, sama seperti manusia.

Poin penting dalam proses AI adalah learning, reasoning dan self correction. AI perlu belajar untuk memperkaya pengetahuannya. Proses belajar AI pun tidak selalu disuruh oleh manusia, melainkan AI akan belajar dengan sendirinya berdasarkan pengalaman AI saat digunakan oleh manusia.

Sistem AI bekerja dengan menerima input data berupa ucapan, teks, gambar, dan lain sebagainya. Sistem AI kemudian memproses data tersebut dengan menerapkan berbagai aturan dan algoritma, menafsirkan, memprediksi, dan bertindak atas data yang diinput. Setelah diproses, sistem akan memberikan hasil di mana tingkat keberhasilan atau kegagalannya berdasarkan data yang diinput.

Hasil dari proses tersebut kemudian dinilai melalui analisis, penemuan, dan umpan balik. Terakhir, sistem AI akan menggunakan penilaiannya untuk menyesuaikan data yang diinput, aturan dan algoritma, serta hasil yang ingin dicapai. Proses tersebut akan terus berlanjut hingga hasil yang diinginkan dapat tercapai.

Sub Bidang & Teknologi penunjang AI

Ada beberapa sub bidang utama yang membentuk konsep ini, di antaranya:

  • Machine learning, untuk membuat model analitik menjadi otomatis.
  • Neural network, untuk mengklasifikasikan pola. Caranya dengan memetakan pola dari input dan menjabarkannya jadi suatu pola baru di output.
  •  Deep learning, untuk menganalisis data secara terus menerus menggunakan struktur logika seperti pada saat manusia mengambil keputusan.
  •  Cognitive computing, untuk membuat mesin mampu mensimulasikan proses kerja manusia secara natural.
  •  Computer vision, untuk menganalisis suatu gambar di hadapannya, mendapatkan informasi dari hal itu, kemudian merumuskannya jadi suatu perintah.
  • Natural Language Processing (NLP), untuk menghubungkan manusia dan mesin dengan bahasa sehari-hari. Hal itu memungkinkan mesin memberi respon sesuai perintah yang manusia ucapkan.

Beberapa teknologi yang berperan dalam mengaktifkan dan mendukung suatu sistem kecerdasan buatan :

  •  Graphical Processing Unit, mendukung sistem kecerdasan buatan dalam menyediakan daya komputasi yang besar. Daya komputasi besar akan menunjang pemrosesan data secara berulang.
  • Internet untuk segala, menjadi sumber data. Bisa menghasilkan data dalam jumlah besar melalui setiap perangkat yang terhubung.
  • Advanced algorithm, mampu menganalisis data lebih banyak dan lebih cepat. Target akhirnya supaya bisa memahami sistem yang kompleks, mengidentifikasi dan memprediksi suatu peristiwa langka, dll. Hal ini masih terus dikembangkan dan dikombinasikan dengan berbagai metode baru.
  •  API,  merupakan suatu paket kode portable. Paket kode tersebut bisa menambah fungsionalitas kecerdasan buatan ke suatu sistem atau software. Contohnya menerapkan fitur face recognition pada kamera keamanan.

Jenis-Jenis AI

Artificial Intelligence yang ada saat ini sebenarnya punya jenis yang berbeda-beda. Berikut adalah tiga jenis Artificial Intelligence yang umum digunakan:

ARTIFICIAL NARROW INTELLIGENCE (ANI)

Disebut “narrow” karena fungsinya terbatas. Sebab, ANI hanya dirancang untuk bisa mengerjakan satu tugas saja. Meski hanya bisa mengerjakan satu tugas, hasil pekerjaan ANI sudah bisa dipastikan sangat baik kualitasnya.

 ARTIFICIAL GENERAL INTELLIGENCE (AGI)

Saat ini, AGI masih berupa suatu konsep saja. AI jenis ini digambarkan sebagai suatu sistem yang bisa bekerja dengan level kognitif setara manusia. Sistem ini mencakup pemrosesan bahasa, pemrosesan gambar, hingga fungsi pengambilan keputusan.

Dengan teknologi dan inovasi yang ada saat ini, penciptaan AGI rasanya masih sangat jauh. Sebab, sistem AGI memerlukan setidaknya ribuan ANI yang bekerja beriringan dan saling terintegrasi. Meski begitu, bukan berarti belum ada progress penelitian yang mengarah ke sana.

ARTIFICIAL SUPER INTELLIGENCE (ASI)

ASI dapat mengambil keputusan, berpikir rasional, hingga menciptakan temuan.

Sama seperti AGI, saat ini ASI pun masih berupa konsep kasar. Namun, saat nanti manusia pada akhirnya bisa menciptakan AGI, penciptaan ASI tidak lagi menjadi masalah besar. Sebab, pada saat AGI berhasil diciptakan, ilmuwan memprediksi bahwa teknologi akan berkembang amat pesat.

Hal yang dapat dilakukan AI

Secara garis besar sebuah kecerdasan buatan dapat melakukan salah satu dari keempat faktor berikut:

  1.  Acting humanly, sistem yang dapat bertindak layaknya manusia.
  2.  Thinking humanly, sistem yang bisa berpikir seperti halnya manusia.
  3.  Think rationally, sistem yang mampu berpikir secara rasional.
  4.  Act rationally, sistem yang mampu bertindak secara rasional.

SEJARAH

Istilah kecerdasan buatan diciptakan pada tahun 1956, tetapi AI telah menjadi kian populer saat ini berkat peningkatan volume data, algoritme canggih, dan peningkatan daya serta penyimpanan komputasi.

Riset AI awal pada tahun 1950-an mengeksplorasi topik-topik seperti penyelesaian masalah dan metode simbolik. Pada tahun 1960-an, Departemen Pertahanan AS menaruh minat terhadap jenis pekerjaan ini dan mulai melatih komputer-komputer untuk menirukan penalaran manusia yang mendasar. Misalnya, Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) menyelesaikan proyek pemetaan jalan pada tahun 1970-an. Dan DARPA menghasilkan asisten pribadi cerdas pada tahun 2003.

Secara garis besar, teknologi ini mengalami 3 masa evolusi, yaitu

  1. Neural Network (1950an – 1970an) 
  2. Machine Learning (1980an – 2010) 
  3. Deep Learning (sekarang)

Kelebihan dan kekurangan AI

Setiap sesuatu pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing dan ini kelebihan dan kekurangan AI:

Kelebihan AI

  • AI mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk melakukan suatu tugas. Ini memungkinkan multi-tasking dan meringankan beban kerja untuk sumber daya yang ada.
  • AI memungkinkan pelaksanaan tugas-tugas kompleks sampai sekarang tanpa pengeluaran biaya yang signifikan.
  • AI beroperasi 24x7 tanpa gangguan atau jeda dan tidak ada waktu berhenti
  • AI menambah kemampuan individu dengan kemampuan berbeda
  • AI memiliki potensi pasar massal, dapat diterapkan di berbagai industri.
  • AI memfasilitasi pengambilan keputusan dengan membuat proses lebih cepat dan cerdas.
  • Dapat mengurangi kesalahan manusia
  • Mengambil resiko, daripada manusia. Karena manusia terbatas oleh resiko yang terjadi, AI bisa jadi pengganti untuk melalukan resiko. Seperti robot di Mars.

Kekurangan AI

  • Biaya yang mahal. Kecerdasan manusia pada sebuah mesin bukanlah hal yang mudah untuk dibuat. Teknologi ini membutuhkan banyak waktu dan sumber daya untuk membangunnya, serta akan menghabiskan banyak sekali uang.
  • Membuat kurangnya kreativitas manusia. Ia tidak dapat belajar berpikir out of the box.
  • Tidak punya moral dan etika.
  • Membuat malas manusia
  • Pengangguran. Karena AI menggantikan sebagian besar tugas berulang dan pekerjaan lain dengan robot, campur tangan manusia menjadi berkurang yang akan menyebabkan masalah besar dalam standar ketenagakerjaan.
  • Tidak punya emosi

Nah, sekarang dah paham kan apa itu AI? Kalau tak paham bisa tanya, kok.

Ringkasan

AI adalah kecerdasan buatan yang dibuat untuk mereplikasi kan kecerdasan manusia ke dalam bentuk teknologi. AI itu bisa belajar dengan sendirinya dengan beberapa teknik, seperti koreksi diri.

Video



Referensi

Apa Itu AI (Artificial Intelligence)? Contoh & Cara Kerjanya.Jogjahost, 16 Feb. 2023. Accessed Apr. 2023.

Apa Sih, AI (Artificial Intelligence)?Presensiku. Accessed Apr. 2023.

Artificial Intelligence/Kecerdasan Buatan – Apa Itu Dan Mengapa Hal Itu Penting.” SAS. Accesed Apr. 2023

Cara Kerja Artificial Intelligence.” Algoritma, 28 Jan. 2022, accesed Apr. 2023.

Kelebihan Dan Kekurangan Artificial Intelligence.” Jatis Mobile. Accessed Apr. 2023.

Kumar, Sunil. “Advantages and Disadvantages of Artificial Intelligence.” Medium, Towards Data Science, 12 Dec. 2019. Accessed Apr. 2023.

VOI, Tim. “Cara Kerja Artificial Intelligence: Gak Kebayang Lagi Deh Gimana Jadinya Masa Depan Dengan Teknologi Ini.” VOI, 9 Dec. 2022. Accessed Apr. 2023.

What Are the Advantages of Artificial Intelligence?HCLTech. Accessed Apr. 2023.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara YouTuber Animasi Membuat Animasi – Rtukum Toturial (Part 1 mungkin)

  Halo, guys selamat datang di Rtukum Blogspot. Jadi kali ini, aku bakalan memberi tau gimana sih cara beberapa YouTuber Animator ini membuat animasi dengan cara mereka.  Film animasi, atau biasa disingkat animasi saja, adalah film yang merupakan karya tangan (gambar) yang bergerak. [1] Banyak sekali animator di media sosial. Berbagai macam dari hiburan, cerita, komedi, dll. Yuk langsung aja dibahas, gimana cara mereka membuat animasi mereka.