Langsung ke konten utama

Entri yang Diunggulkan

Cerita Tentang Study Tour SMK

 Cerita ini ditulis dari 10 Nov 2022

----

Pada suatu hari, sekolah kita mengadakan kunjungan industri ke perusahaan Tomkins. Seluruh kelas 10 mengadakan kujungan industri. Tapi kurang tau untuk jurusan lain. Tapi TKJ dan Akuntansi sama ke TomKins perginya.

H-1 sebelum berangkat, kita pulang agak cepat jam 3 lah. Untuk siap-siap buat besoknya. Nah, gua siap-siapin barang yang diperlukan.

Kemudian, hari nya tiba, gua datang ke sana sekitar jam setengah 6. Di situ kita naik bis sesuai file yang diberi. Ternyata, bus kita dipindah. Kemudian, kita semua pindah ke bis yang diperintahkan.

Gua duduk di belakang niatnya. Akan tetapi, gua kencing dulu, dan meninggalkan tas di bis. Nah, aku izin ke salah satu guru, kalau mau ke toilet, setelah dapat izin, lari lah aku menuju toilet di sekolah, dekat kelas. Dengan izin ke satpam kalau masuk ke dalam sekolah.

Di tengah jalan, aku ketemu si mamang. Dan, dia bilang kenapa gak di toilet depan sekolah. Iya, juga sih, tapi dah telanjur masuk kan? Yaudahlah, lanjut pakai toiletnya.

Nah, kemudian aku balik ke bis, terus di tengah perjalanan bertemu mamang lagi, dan dia memberi aku ucapan "hati-hati di jalan" dan aku berterima kasih sama mamangnya.

Eh, pas sampai di bis, ternyata tas aku malah ditaruh di bawah. Dan tempat belakang sudah di isi semua :<. Terus aku berdiri sampai disuruh ke depan.

Akhirnya, aku duduk di depan bersama I dan S. Duduk lah sampai jalannya bis. Saat perjalanan kita dibagi makanan. Kemudian, bis tersebut ada tv-nya. Dan bisa disetel YouTube. Kami satu bis nyetel lagu di bis, sambil karaoke-an di bis.

Ada yang request lagu ini dan itu, disetel lah di bis tersebut.

Seasiknya dijalan, kita foto-foto pemandangan kalau ada yang bagus. Terus beberapa orang memakai earphone, termasuk aku. Tapi aku cuman sebentar memakai earphone-nya, gak lama dilepas.

Setelah nyanyi-nyanyi dan segala macamnya di bis. Kita turun di rest area, dan itu adalah rest area yang tidak asing bagiku. Jadi, petunjuk toiletnya ke kanan. Padahal, sebenarnya itu ada di kiri. Akhirnya, gua jalan sendiri ke toiletnya karena gweh tau di mana toilet nya.

Tapi, aku sejujurnya rada gak senang ama reaksi mereka yang bilang jangan keliaran. Padahal gua tau tempat ini, tempat rest area yang pernah ku kunjungi sebelumnya. :)

Terus, setelah dari toilet, gua balik lah ke bis. Di bis itu, ya gua kumur-kumur dan minum. Terus aku bertemu si Kh. Nah, dia mau ke toilet, nah dia nanya "Toilet di mana?" Terus gua kasih tau lah "di sana" sambil nunjuk, lalu aku menawarkan "Mau dianterin?" Dan dia mau.

Setelah itu dia dari toilet, gua antar balik dari toilet ke bis, tapi lewat jalur yang berbeda, kita lewat depan masjid. Tadi, kita lewat belakangnya. Nah, yang pas balik-nya lewat depannya.

Saat lagi menuju ke bis, di tengah jalan nih, tiba-tiba nih muncul si AY dengan bilang "Juneeedddd", kek kenapa gitu? Padahal bisa panggil nama depan, ini pakai nama belakang. Mana nada manggilnya ngeselin. Hmph.

Terus di perjalanan si Kh nanya, "itu siapa?" Gua jawab itu temen gua. Dia bertanya, dia jurusan apa dan kenapa bareng anak TKJ? Jawaban gua ya dia anak akuntansi, kita sekelas, terus temannya memang rata-rata di TKJ.

Setelah itu, sampailah kita di depan para bis mengantri. Terus, dia bilang "bus kita yang mana dah?" Gua bilang aja "yang itu" dengan tambahan "masa gua inget, lu nggak". Gila, sombong banget ya, gua bilang gitu :> Maaf ya, Kh. Terus, dia bales tadi kan muter atau kan tadi gak lewat sini, atau apalah, gitu.

Terus dia bilang "Lu anak Osis?" Jawablah aku "Nggak". Terus dia nyaranin gua masuk ke OSIS karena katanya public speaking ku bagus. Tapi, setelah ku pikir di mana mereka protes dengan tingkah gua, jadi harus pikir lagi, sih, sebelum masuk OSIS.

Setelah itu, gua duduk manis dan anteng walaupun aslinya gua gak bisa anteng. Terus, gua nanya namanya siapa dan dibalas sama si Kh. Dan situlah aku kenal Kh. :>

Terus, di bis kita sempat ngobrol bentar, dan dia bilang katanya dia mau bawa terminal (colokan) yang banyak biar bisa ngecas. Yang mon maap, tuh bis ntar mati di tengah jalan gegara tuh colokan. Gua bilang aja "ntar akinya mati", terus dia bales, cuman lupa kata-katanya kayak berhubungan dengan bisnya.

Nah, kita semua dah balik, dan PZR saat balik ke bis tiba-tiba bilang "lu lihat kerudung gua gak?" Dan dia bilang dia taruh kerudungnya dibangkunya. Terus dia bilang coba ke (bangku di) belakang, yang di mana tidak masuk akal jika di taruh di depan terus pindah ke belakang.

Setelah berapa lama, di perjalanan si S nolongin si Z dengan lihat di kolong bangku. Dengan peralatan hp, dan tangan. Ternyata kerudungnya dia jatuh di kolong. :) Terus dia naruh di kerudungnya di bangku nya. :>

Di tengah perjalanan dalam tol kita sempat berhenti sebentar. Karena katanya, berhenti karena ada yang mogok bisnya. Setelah itu, lanjut seperti biasa.

Terus, di perjalanan, gua bilang ke S yang sambil senderan, "lu ngapain kek gitu pake kacamata?", terus dia nyuruh gua buat lepasin kacamatanya. Dan aku bilang "ini kacamatanya kaga dibersihin ya?" Terus, si S langsung minta tisu ke PZ. Dia bersihinnya dengan hand sanitizer. Gua bilang "lu bersihinnya pake hand sanitizer", terus si PZ nanggepin omongan gua.

Terus, si PZ ambil kacamatanya si S terus dibersihin dengan lap kacamatanya punya nya. Dan diberikan lagi ke si S dengan keadaan kacamata yang sudah kinclong.

Terus, di perjalanan aku paparaziin orang, karena iseng. Gak banyak si paparazi-nya, kayak 1-4 lah. Terus aku paparaziin si Kh, yang sedang merem, entah dia tidur atau nggak, foto pemandangan walau kadang ketutupan bis,truk,dll. Ya, itu aja. Sisanya foto pemandangan waktu di bis.

Kemudian, kita sudah sampai di Bandung, dan menuju ke tempatnya produksi nya Tomkins. Setelah sampai di sana, kami semua turun dan ada yang langsung menuju ke atas, dan ada yang ke toilet dulu. Salah satunya aku dan Kh.

Ngantrinya lama banget, mana wc cowoknya juga dimasukin sama cewek kan. Nah, ceweknya dah pada selesai. Tinggal gweh dan Kh, dan gweh mempersilakan Kh, untuk memakai toiletnya lebih dahulu.

Setelah aku dari toilet aku naik ke atas, dan sudah penuh bangkunya. Jadi aku berdiri dulu, sampai dikasih tempat duduk. Nah, aku di belakang bersama TS dan kawannya. Kemudian, setelah presentasi ini itu, dengan sambil ku rekam suara di hp. Terus, juga aku sempat bertingkah, ampe si K cowok bilang "ngapa lu?". Terus, juga foto-foto sama kawannya TS, ngobrol dan lain-lain. Sempat foto yang ada di layar, walau buram gak kebaca.

Kemudian, lanjut kita ke proses produksi sepatunya. Yang di mana itu sambil ku rekam video. Dari awal kita baris dulu, baru kita boleh masuk, setelah semua cewek masuk.

Setelah ini itu, kita foto sekelas dan kemudian balik ke bis. Dan aku tukar tempat duduk sama si NS. Dan aku duduk di dekat kaca. Setelah itu, kita dapat makanan dan kita taro kolong bangku. Makanan aku itu aku makan sebentar sisanya, buat dimakan lagi. Terus, si belakang dan samping gweh, juga nitip buat taro makanannya di kolong yang sama.

Kemudian, kami jalan menuju, Transmart. Sesampainya di Transmart, cewek-cewek ngusir para cowok. Buat dipakai untuk menggati baju. Terus, gua ke kamar mandi/Toilet bersama dengan Kh, lagi. Kalau dia ke toilet emang kepengen kencing. Kalau gweh cuman ganti baju. 

Nah, gweh pas sampai kamar mandi toilet masjid deket trans studio itu, kan lepas alas kaki, gua nanya namanya lagi "namanya siapa?", "Khairil", "(pakai huruf) Kha'/ุฎ" dia jawablah "iya".

Terus, setelahnya dari kamar mandi/toilet, aku balik ke bis sebentar buat ambil dan beres-beres tas dan bawaan yang akan di bawa.

Eh, pas dah balik, ceweknya masih ganti baju dan dandan. Udah ampe dibilangin "Cepetan keluarnya". Dan, akhirnya gua boleh masuk ke bisnya dan aku masuk.

Kemudian, si IA5 ini kepengen ganti celana di dalam bis. Karena malas ya, ke kamar mandi. Terus, yaudah gua tutupin tuh dia buka celananya pakai blazer gua. Terus, aku lihat pahanya dan titit ku tiba-tiba berdiri. Dia pakai sempak yang kayak celana gitu.

Nah, waktu dia ganti celana, ada yang nanya "udah selesai belum", gua jawablah "masih ada yang ganti celana" cowok kan. Terus, yaudah dia masuk. Terus, IA5 saat lagi lepas celana bilang gini "Boleh gak sih pakai celana pendek?" Terus gua bilang pake aja asal gak malu aja. Terus dia bilang "gak pakai celana ini (sempaknya) ntar auroranya (aurat) nya kelihatan".

 Terus setelah dia pakai celananya. Gua tutup bagian yang takutnya nonjol di celana dengan blazzer gua sambil ambil tas.

Terus si IA5 ini mau bareng si pak guru, aku juga. Nah, tapi dia berubah pikiran jadinya gua sendiri sama pak guru.

Dan gua disuruh nunggu sama pak guru. Tapi, ada orang yang bilang "tinggal masuk aja'". Iya saya tau niat hati baik. Tapi, saya disuruh nunggu pak guru, yaudah. Eh pak guru nyamperin gua trus suruh gua duluan masuk.

Yaudah, terus gua ngantri. Diteriakin gua, "langsung masuk aja gak usah antri."  Ternyata kita langsung masuk aja, gak usah antri. Tinggal kasih tiketnya terus masuk, dech. Nah, setelah itu gua ikut rombongan. 

Terus, gua main naga-naga-an sama si A. Gua duduk bareng sama si A. Terus, pas dah giliran kita, gua sama si A ini milih bangku, terus pakai pengaman. Terus, sebelum permainan dia udah "Aaa, Pahri takut." Nah, permainannya mau dimulai nih. Terus *wang-wing-wang, kita naik turun sambil diputer. Awal-awal sih asik, ya. Terus, lama-lama si A malah nangis :( gua bingung harus ngapain. Mana gua malah happy, kan.

Terus, gua teriak "... si A nangis". Tapi gak ada yang respon dan ternyata dia ngira gua teriak karena takut.

Terus, setelah permainan itu kita ke toilet. Dan foto-foto bentar sambil nunggu yang lain. Kemudian kita juga bertemu pak guru yang suruh aku duluan masuk. Kemudian, mereka pengen naik roller coaster. Yaudah, kita semua antri yang lama dan panjang ini. Kemudian, pak guru pergi duluan karena ada alasan dipanggil.

Awal ngantri yaudah kayak biasa ngantri. Terus kan pada duduk di besi ya. Terus, gua sempat iseng ke F4 yang duduk, gua dorong ke belakang tapi gua pegang. Dia panik, terus si K cowok bilang "dih batu".

Terus, si IR sempat bilang "kalau ditinggal lu sedih gak, Pahri?" Terus, berapa lama, gua baru ngeh ternyata gua itu dirombongan 10 orang yang nambah 1 yaitu gua. Gua jadinya harus misah ama mereka. Juga kita, circle dah beda :'( jadi ya aku sih, senang aja yang penting bisa main roller coaster, kan ya. :V

 Nah, terus tetiba ada rombongan yang kosong 1, dan mereka 10 ini nyuruh gua yang duluan dan ngisi yang kosong itu. Yaudah, gua duluan dan ninggalin mereka. Dan kayaknya mereka iklas dan rela ya aku duluan. Apalagi setelah aku bertingkah.

Nah, awal-awal gua bodoamat rombongan siapa entah dari mana berasal, terus pas cari pasangan, kemudian dengerin instruksi, taro barang, terus siap-siap. Dan setelah, dimulai *cegluk-wooooooookkkkk, itu anginnya kenceng. Awal-awal masih santai ya. Cuman pas muter, gua teriak-teriak gak malu sama yang sebelah :D.

Terus, gua yang bener-bener ikutin instruksi gak boleh nunduk, gua beneran usahain gak nunduk dan matanya gua melekin sampe selesai๐Ÿ˜ญ Terus, kita dimundurin, teriak lagi gua. Terus, kan pas mau masuknya itu pelan yah jalannya, nah tiba-tiba gua lihat kunang-kunang di sebelah atas kanan gua, terus udah hilang bentar doang. Terus, pas dah selesai gua minta maaf sama sebelah gua. Yang, kayaknya gak kedengaran juga kalau gua minta maaf ke dia. Terus, gua keluar dari zona main terus keluar dari Transmart.

Terus gua balik ke bis. Aku, bertemu si Herdi. Nah, terus si Herdi pengen ke kanar mandi, yaudah aku anterin ke toilet masjid itu.

Terus ke bis, gua ambil makanan yang tadi di kolong, terus dimakan. Terus, ayamnya jatuh :'(. Dan kita dapat makanan lagi. Nah, mundur sebelum makan, pas masuk Si PZR ini kayak orang apaan tau. Dia teriak kegirangan, kayak "aaaa" terus bertingkah. Yang di mana, gua aja gak berani kek gitu di bis. Terus, kita cerita-cerita tentang apa saja yang kita naiki tadi di Transmart.

Terus, PZR makanan tadi pagi kaga di makan. Terus dikasihlah ke gua. Kemudian,aku makanlah. Terus, kan dibagiin makanan, nah gua yang lagi makan nasi siang yang ayamnya jatuh, terus NW ini baik hati bagiin ke belakang. :>

Terus, singkat cerita kita makanlah ya. Terus, gua kan masih ngobrol ama Zea. Yang di mana Zea tingkahnya yang hilang kontrol tapi happy dia-nya. Terus, NW ini antara kesel apa gimana dia bilang "jangan ngobrol" terus dengan lanjutan yang gak kedengaran jelas. Apalagi dia juga ngomong ke gua dan PZ "gua tonjok lu" ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ ngakak banget.

Terus, kan sempet ya lampu bis dinyalain. Kok gua pencet gak bisa mati dan nyala. Kok, dua cewek ini bisa. Nah, pas itu gua lihat kenapa gua gak bisa pencet, ternyata pas dideketin gua salah pencet. Tombolnya di mana yang gua teken di mana. Terus, si PZR dengan pede bilang "gua kan dulu anak bis". Padahal cuman iniin lampu.

Terus, di perjalanan aku diajak ngobrol sama IA5, ternyata dia pengen bilang dia kebelet kencing, bertanya apakah nanti berhenti? Nah, dia gitu, gua ceritain ke sebelah gua. Maaf, ya IA5. Hehe.

Terus, kami berhenti di tempat oleh-oleh Cianjur. Terus, yaudah, kita turun ada yang beli, ada yang ke toilet doang, ada yang sekedar nyari angin.

Terus, dari toilet gua balik ke bis. Nah, gua ngobrol lah sama si IA5 ini. Gua ama dia ngomong konek ya. Terus gua kan manggil dia "Iman" terus dia bilang ke temannya "Masa gua dipanggil Iman sama Pahri"๐Ÿ˜‚  Terus, gweh ngobrol lagi. Tiba-tiba, ada yang celetuk gini kalian ngebahas apa sih? Gua kaga ngerti. Gua balas "Harus dari awal" agar paham.

Terus, mereka kayak bilang gua sama IA5 ini saling konek, kayak beda genre antara IA5 dan gua tapi ngobrol saling konek. Soalnya gua ngobrol ama dia bener-bener saling mengerti gitu.

Oiya, gua ama dia bahas tentang mata pelajaran terutama kelas 8, malas, pelit, dll gua ajak obrolnya gini "lu Iman SMP4 kan?" Dan ditanggapi. Kwmudian dia cerita tentang keuanganya yang dia pelit gitu. Terus katanya pernah beli Piscok Rp10.000. Yang di mana Rp5.000 aja udah banyak๐Ÿ˜ญ.

Setelah itu, kita nungguin beberapa yang lama. Salah satunya, Kh, PZ, NS, S, I, dan NW. Lu tau, gua bilang ke IA5 gini "eh Si Kh...u. kemana ya?" Itu tih salah. Nama dia pakai "i" bukan "u" jadi si IA5 ketawa.

Nah, terus kan ngebahas tentang hp, dia nanya bahasa Inggrisnya "suhu" apa? Ya gua translate "temperature" hasilnya. Ternyata, dia pengaturan hpnya berbahasa Inggris.

Terus, kan disitu kan ada tempat colokan, terus itu juga deket ac. Ada bilang, dingin amat hpnya. Gua bilang "ntar hpnya berair", terus dibalas IA5 "berembun", terus gua bilang "Jangan pakai bahasa IPA (Indonesia) napa," dan bla-bla. Disitulah celetuk kalian ngomong apa sih, dimulai.

Setelah mereka semua balik dan kita semua menuju tempat sekolah. Nah, gua sama IA5 ini sempat yang masih iseng, "gimana sih caranya IA5?" Ya, gua bincang tentang cara nyalain lampu di bis, yang sebenernya dah diajarin PZR. :v

Terus, si PZR ini matiin lampunya :v apa dia bete lihat gua matiin lampunya.

Nah, di perjalanan seperti biasa mereka nyetel lagu. Terus pakai earphone lagi. Dan terus waktu di perjalanan, aku sempat ngobrol ke mamanya NW. :v PZR kan bilang "Halo, tante" nah gua juga pengen, gua bilang "Halo, tante NW"๐Ÿ˜ญ itu emaknya, coy. Terus, dia risih kali ya, langsung matiin deh.

Nah, berapa lama kemudian, akhirnya kita sampai juga di tempat berhentian terakhir kita. Dan kami semua pulang ke rumah masing-masing.

Nah, seperti itu cerita ku.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara YouTuber Animasi Membuat Animasi – Rtukum Toturial (Part 1 mungkin)

  Halo, guys selamat datang di Rtukum Blogspot. Jadi kali ini, aku bakalan memberi tau gimana sih cara beberapa YouTuber Animator ini membuat animasi dengan cara mereka.  Film animasi, atau biasa disingkat animasi saja, adalah film yang merupakan karya tangan (gambar) yang bergerak. [1] Banyak sekali animator di media sosial. Berbagai macam dari hiburan, cerita, komedi, dll. Yuk langsung aja dibahas, gimana cara mereka membuat animasi mereka.